Senin, 25 Februari 2013

Sistem Informasi Rawat Inap RSUD

Sistem Informasi Rawat Inap RSUD 

1. Pendahuluan
1.1 Gambaran umum proyek
Rumah sakit adalah suatu institusi pelayanan kesehatan yang kompleks, padat profesi dan padat modal. Kompleksitas ini muncul karena pelayanan rumah sakit menyangkut berbagai fungsi pelayanan, pendidikan dan penelitian serta mencakup berbagai tindakan maupun disiplin medis. Agar rumah sakit mampu melaksanakan fungsi yang demikian kompleks, rumah sakit harus memiliki sumber daya manusia yang profesional baik di bidang teknis medis maupun administrasi kesehatan. Menurut Sistem Kesehatan Nasional, fungsi utama rumah sakit adalah menyediakan dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat penyembuhan dan pemulihan pasien.
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 983/SK/XI/1992 rumah sakit umum memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sedangkan untuk rumah sakit khusus memberikan pelayanan sesuai dengan kekhususannya. Pelayanan rumah sakit mencakup pelayanan kesehatan dan pelayanan administrasi. Pelayanan kesehatan itu sendiri meliputi pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, rehabilitasi medik dan pelayanan asuhan keperawatan. Pelayanan tersebut dilaksanakan melalui unit gawat darurat, unit rawat jalan dan unit rawat inap.
Pelayanan rawat jalan adalah salah satu unit kerja di lingkup rumah sakit yang melayani pasien berobat jalan dan tidak lebih dari 24 jam pelayanan, termasuk seluruh prosedur diagnostik dan terapeutik. Perkembangan rawat jalan rumah sakit dipengaruhi oleh adanya berkembangan teknologi kedokteran yang canggih sehingga menyediakan variasi pelayanan, diantaranya pusat radiasi dan kemoterapi, pusat pencintraan diagnosis, pusat rehabilitasi, opname pasial (pasien rawat jalan psikiatrik), klinik kedokteran olahraga, klinik kesehatan wanita, kesehatan okupasional dan lain-lain. Dari gambaran tersebut menunjukkan bahwa pelayanan penunjang medik-pun telah tersedia secara lengkap di unit rawat jalan rumah sakit.
Salah satu bentuk pelayanan yang tersedia di rumah sakit adalah pelayanan rawat inap yang dilakukan oleh unit tersendiri. Instalasi rawat inap adalah tempat perawatan pasien yang membutuhkan perawatan yang lebih intensif serta perhatian yang lebih. Banyak bagian rawat inap yang menjadi kebanggaan tiap-tiap rumah sakit, karena pelayanannya yang cepat, ramah serta ketersediaan ruangan yang nyaman, merupakan alat pemasaran yang efektif dalam menarik para dokter atau pasien dan instalasi rawat inap merupakan sumber pendapatan terbesar. Perlu disadari bahwa dengan banyaknya jumlah ruangan yang tersedia serta perbedaan kelas dengan modal investasi tinggi pada instalasi rawat inap, mutu pelayanan harus lebih baik agar tidak memboroskan waktu serta sumber daya, meningkatkan kesalahan-kesalahan pelaksanaan pelayanan serta meningkatkan resiko terjadinya kesulitan lainya sehingga pelayanan rawat inap dapat berjalan dengan acuan, lancar dan berperan dalam meningkatkan mutu pelayanan medik.
Jenis pelayana rawat inap meliputi pelayananSistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) adalah suatu tatanan yang berurusan dengan pengumpulan data, pengolahan data, penyajian informasi, analisis dan penyimpulan informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan rumah sakit. SIMRS ini meliputi input, proses, output, balikan dan kontrol. Dalam analisisnya SIMRS tidak terlepas dari kebutuhan komputerisasi yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
Dengan bertambahnya jumlah kunjungan pasien dan jumlah pemeriksaan akan sangat berpengaruh pada penggunaan ruanagn serta peralatan rawat inap, dan sudah tentu akan memberikan nilai lebih dalam peningkatan pendapatan rumah sakit. Namun jika terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien di instalasi rawat inap terutama jumlah pasien baru maka hal ini akan membuka peluang bagi pemberi pelayanan kesehatan lain, dan hal ini patut untuk di waspadai sehingga diperlukan evaluasi pelayanan yang optimal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar